Minggu, 24 Juli 2022

Nama Bayi , Doa dan Harapan terbaik Bagi Masa Depannya

Apalah arti sebuah nama? Shakespeare menanyakannya pada setangkai mawar. Buatnya nama hanyalah sekedar panggilan. Namun, untuk masyarakat Indonesia tidaklah demikian. Oleh karenanya tidak mudah mencari nama bayi  karena mengandung banyak harapan terbaik.

Nama Bayi , Doa dan Harapan terbaik Bagi Masa Depannya

Nama Bayi , Doa dan Harapan terbaik Bagi Masa Depannya


Apa Arti Nama Bayi 
Memilih nama bayi Tidak bisa sembarangan, karena untuk masyarakat Indonesia, nama bukanlah sekedar identitas atau panggilan saja. Tetapi juga lebih kepada menggambarkan kebahagian serta harapan. Oleh karenanya, hampir tidak ada orangtua yang kemudian secara sembarangan mencantumkannya begitu saja.

Harapan yang Terbaik
Pada umumnya nama seorang anak adalah harapan orang tua terhadap anak itu.  antara lain memiliki karakter yang baik,  sifat berbudi luhur,  atau yang bentuk fisik yang menarik. Hal ini dirasa wajar karena anak adalah buah hati dari orang tua yang bisa jadi ditunggu lama kehadirannya dalam keluarga.

Contoh penamaannya adalah Budi yang melambangkan harapan agar anak tersebut menjadi seseorang yang berbudi luhur. Cantika merupakan nama khas seorang perempuan dengan harapan agar fisiknya menarik serta selalu sehat. 

Doa untuk Masa Depannya
Nama seorang anak juga merupakan doa dan berkat dari keluarga terutama orang tua. pada umumnya menggambarkan kehidupan anak itu di masa mendatang.  oleh karenanya penamaan seorang anak tidak boleh lah berkonotasi buruk melainkan harus positif dalam memberikan bahasa yang menyenangkan.

Penamaan  tersebut antara lain adalah Slamet Budi artinya doa agar anak tersebut sepanjang hidupnya selalu selamat dari mara bahaya serta berbudi luhur. Intan Kartika adalah contoh nama anak perempuan yang berarti doa dari orangtua agar masa depan anak berkilau seperti intan dan berani seperti pahlawan.

Mencitrakan Kekerabatan  Keluarga
Untuk beberapa daerah pada umumnya disematkan juga nama suku atau kerja yang menggambar kekerabatan pada anak tersebut. Pada umumnya jika seseorang sudah mengetahui nama marga maka akan lebih mudah dikenali sebagai bagian dari sistem suku tertentu.

Antara lain adalah Napitupulu dan Hutagalung dari Suku Batak. Hokeng dan Doka dari daerah Nusa Tenggara Timur. Ni dan Kadek yang mencerminkan kekerabatan serta posisi kelahiran anak pada daerah Bali.
 
Sedemikian pentingnya nama seorang anak maka orang tua wajib berhati-hati untuk memberikan identitas tersebut.  Sebab adakalanya terdapat arti yang tersembunyi dibalik namanya. Selalu usahakan memberikan panggilan yang bernada positif sehingga dapat mempengaruhi seluruh hidupnya.

Hindari nama yang ambigu sehingga anak tidak perlu merasa malu untuk dipanggil seperti itu. Terutama ketika memberikan identitas untuk nama kecil yang pada umumnya dianggap orang tua sebagai sesuatu yang lucu.

Terdapat banyak artikel parenting yang bisa orangtua gunakan sebagai sumber ide untuk mencari nama anak dengan harapan terbaik. Oleh karenanya, jangan sungkan untuk terus merancang identitas tersebut agar masa depannya sesuai dengan harapan.