Rabu, 06 Juli 2022

Cara Install Ulang (reset Pc) Windows 10 Tanpa Kehilangan Data

Saat Windows 10 bermasalah & Anda telah mencoba berbagai cara namun belum berhasil mengatasinya maka akan terpikir buat melakukan install ulang. Tapi install ulang prosesnya akan sangat membuat repot, kita harus melakukan backup data-data yang ada di drive C terlebih dahulu supaya tidak hilang.

Ada sebuah solusi yang lebih mudah dan kondusif yaitu dengan melakukan reset tanpa install ulang, menggunakan cara ini kita sanggup melakukan install ulang tanpa harus kehilangan data-data yang ada pada drive C. Prosesnya sama seperti melakukan factory reset, jadi Windows 10 akan balikpada keadaan semula seperti ketika pertama kali diinstall.

Pada kesempatan kali ini teknosentrik akan berikan tutorial bagaimana cara melakukan reset Windows 10 tanpa install ulang dan kehilangan data-data yg ada. Silakan ikuti langkah-langkah pada bawah ini.Cara install ulang Windows 10 tanpa kehilangan data menggunakan Reset PC

Pertama kita masuk ke sajian Settings Windows 10 terlebih dahulu, caranya klik tombol Start > klik pada tombol Settings (icon gear).

2. Pilih sajian Update & Security

Setelah masuk ke menu Settings, langkah selanjutnya merupakan klik pada pilihan Update & Security.

tiga. Pilih Menu Recovery > Reset this PC

Selanjutnya klik dalam menu Recovery, lalu lihat pada panel sebelah kanan. Pada bagian Reset this PC tekan tombol Get Started.

Langkah selanjutnya pilih opsi Keep my files. Ini bertujuan agar file yg ada di drive C tidak terhapus. Akan tetapi seluruh pelaksanaan yang terinstall akan tetap terhapus dan settingan akan kembali seperti semula dalam saat baru diinstall (setelan pabrik).

Pilihan ke 2 merupakan Remove everything. Opsi ini akan membuat semua pelaksanaan & file yang terdapat pada drive C akan terhapus. Jika Anda ingin sahih-benar membuat Windows higienis misalnya maka bisa pilih opsi ini, tapi ingat buat backup terlebih dahulu file-file penting yg terdapat di drive C.

Anda akan melihat daftar aplikasi apa saja yg terhapus selesainya proses scan terselesaikan, selanjutnya klik tombol Next.

Nanti akan timbul keterangan Ready to reset this PC. Langkah terakhir merupakan klik tombol Reset & tunggu hingga prosesnya selesai.

Proses reset akan memakan waktu yang cukup lama, pastikan laptop Anda baterainya penuh atau supaya lebih kondusif sambungkan dengan charger buat mencegah laptop tewas saat proses sedang berjalan. Setelah reset selesai maka Windows 10 akan pulang fresh seperti pada waktu pertama kali diinstall.

Itulah langkah-langkah buat reset Windows 10 tanpa install ulang, sangat mudah sekali bukan?

Beberapa orang mungkin akan mengalami perkara ketika melakukan reset ini, galat satu yg paling seringkali terjadi merupakan keluarnya error dengan pesan “There was a duduk perkara resetting your PC“. Untuk mengatasinya aku akan berikan tipsnya buat Anda.Cara mengatasi There was a persoalan resetting your PC

Error ini biasanya timbul lantaran ada masalah dengan pelaksanaan Office yang terinstall. Untuk mengatasinya kita harus melakukan perubahan konfigurasi memakai Command Prompt (CMD).

Pertama buka dulu pelaksanaan Command Prompt dengan biarakses sebagai administrator, kemudian ketik perintah ini dia:

Tekan enter sesudah mengetik setiap baris berdasarkan perintah pada atas.

Setelah terselesaikan restart personal komputerdan coba lagi lakukan Reset PC menggunakan langkah-langkah yg telah dijelaskan sebelumnya. Itulah cara install ulang Windows 10 tanpa kehilangan data yg sanggup teknosentrik berikan pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba & semoga membantu. Kalau terdapat pertanyaan atau kasus yg nir bisa diselesaikan jangan sungkan buat berkomentar di bawah.