Sabtu, 25 Juni 2022

Penyebab Nyeri Lutut Di Usia Muda

Berbagai permasalahan nyeri sendi dan lutut, umumnya banyak dialami oleh orang yang berusia lanjut. Namun dewasa ini permasalahan tersebut banyak dialami oleh kaum muda yang berusia di bawah 30 tahun. Hal ini tentu saja dapat terjadi salah satunya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat dan jarang berolahraga. Permasalahan nyeri pada lutut tidak dapat disepelekan, jika dibiarkan terlalu lama maka akan menyebabkan masalah yang serius. Jika sudah terlanjur mengalami masalah yang cukup serius dengan lutut Anda, sebaiknya segera berkonsultasi dengan klinik lutut terbaik di Jakarta guna mendapatkan solusinya. Klinik lutut yang baik biasanya menyediakan fasilitas pemeriksaan yang lengkap seperti teknologi high definition magnetic resonance Imaging (MRI) 3 Tesla Skyra mampu memberikan gambaran sendi, tulang, dan otot beresolusi tinggi demi membantu mendiagnosis dan menerapkan tatalaksana masalah muskuloskeletal secara optimal.

Lalu kira-kira apa saja penyebab nyeri lutut yang dialami oleh kaum muda? Simak penjelasan berikut ini

Penyebab Nyeri Lutut Di Usia Muda

Penyebab Nyeri Lutut Di Usia Muda


1. Osteoartritis (OA)
Penyebab nyeri lutut di usia muda yang pertama ialah Osteoartritis. Meskipun penyakit ini biasanya banyak dialami oleh orang yang berusia 40 tahun ke atas, namun tidak tertutup kemungkinan usia muda 20 tahunan mengalaminya. Pada usia muda Osteoartritis biasanya disebabkan oleh cedera atau kelebihan berat badan. Pada banyak kasusnya Osteoartritis banyak menyerang pada persendian seperti lutut, pinggul, dan pergelangan kaki. Waspadai jika tulang rawan mengalami rasa kaku dan sakit jika terjadinya gesekan antar sendi. Jika hal tersebut Anda rasakan segera konsultasikan masalah tersebut dengan dokter agar tidak berlanjut menjadi parah.

2. Patellofemoral Syndrome
Kondisi ini terjadi nyeri diantara pada tempurung lutut dan tulang paha. Kondisi ini dapat terjadi akibat ketidakseimbangan otot-otot yang menopang sendi-sendi lutut dalam membantunya bergerak. Akibatnya ialah dapat memicu ketegangan pada sendi lutut yang dicirikan oleh rasa sakit pada saat berjalan, nyeri pada saat jongkok, ataupun menaiki tangga.

3. Cidera
Hal yang paling sering menyebabkan nyeri lutut di usia muda ialah cidera. Cidera pada saat olahraga ataupun yang dialami akibat kecelakaan dapat membuat nyeri pada lutut. Hal ini juga dapat terjadi pada seseorang yang jarang atau aktif bergerak maupun melakukan gerakan berat secara tiba-tiba. Bahkan cidera yang dialami selama bertahun-tahun dapat mengakibatkan Osteoartritis.

4. Rheumatoid Arthritis
Rheumatoid Arthritis dapat disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Tingginya kadar asam urat dapat membentuk kristal pada sendi sehingga membuat sendi menjadi kaku dan nyeri. Selain asam urat Rheumatoid Arthritis juga dapat disebabkan oleh gangguan sistem imun, sehingga membentuk antibodi yang dapat menyerang dan mengeroposkan sendi. Rheumatoid Arthritis yang dialami oleh usia muda bisa lebih parah dibandingkan dengan orang yang berusia lanjut karena dapat menyerang pergelangan kaki dan tangan, namun jika segera dapat penanganan penyakit ini bisa cepat disembuhkan.

Penyebab nyeri lutut di usia muda banyak macamnya, yang paling penting untuk menghindarinya ialah selalu jaga pola makan agar berat badan ideal dan jangan lupa agar rutin berolahraga. Karena menjaga kesehatan merupakan hal yang penting yang harus kita terapkan hingga tua nanti.