Senin, 27 Juni 2022

Langkah Install Laptop Dan Personal Komputer

Untuk Anda yg baru pertama kali ingin menginstal sebuah laptop atau komputer, maka saya katakan berhati-hatilah. Sebab meskipun terlihat gampang & poly tutorialnya di internet tapi permanen saja akan ada resiko besarbila penginstalan yang Anda lakukan bermasalah..

Resiko besarnya contohnya: Data mampu hilang, laptop atau personal komputermalah jadi eror, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tapi hening saja, menggunakan membaca artikel ini hingga tuntas Insya Allah kesalahan-kesalahan dalam penginstalan akan mampu diminimalisir.

Sebab kali ini aku akan menaruh termin-tahap instal  laptop dari awal hingga akhir. Dalam artian, aku akan memberitahukan apa saja yang perlu Anda persiapkan, dan apa yang wajibAnda lakukan selanjutnya. 

Tapi mohon maaf sebelumnya, ini bukanlah artikel mengenai cara install laptop atau personal komputer . Ini hanyalah tahapan-tahapannya saja, alias tips-tips dalam instal sebuah laptop atau komputer. Apa yang perlu Anda lakukan, dan lain-lain. Untuk cara instalnya sendiri mohon maaf sampai kinisaya belum mampu mengembangkan tutorialnya buat Anda.

Langkah Install Laptop Dan Personal Komputer 

Langkah Install Laptop Dan Personal Komputer


Tahap awal merupakan persiapan. Persiapan sebagai tahap paling awal, lantaran tanpa persiapan yg matang akan bisa mengganggu dan mempersulit jalannya penginstalan itu sendiri. Dan yg perlu Anda persiapkan Adalah: 

-Sistem Operasi: 

Contoh sistem operasi yaitu: Windows, linux, Mac OS, dll (sistem operasi wajibdiisi ke CD/DVD/FLASH disk) dan bisa  buat dibooting.

Keping CD/DVD yang berisi sistem operasi, Flash disk buat mengisi pelaksanaan atau sistem operasi, hard disk eksternal (optional) & DVD Drive eksternal apabila dibutuhkan.

-Driver Laptop atau personal komputer : 

-Aplikasi-aplikasi yang diharapkan seperti microsoft office, Antivirus, dll

-Laptop /personal komputeryang mau diinstal. 

Sebab tanpa adanya laptop atau personal komputeryang mau diinstal, bagaimana kita mau menginstal? hehe..


2. Colokkan Kabel Power Komputer Ke Listrik

Tahap selanjutnya, silahkan colokkan kabel power personal komputerke listrik dan hidupkan komputer Anda. Kalau yg mau diinstal adalah notebook alias laptop, silahkan charger dulu & jangan dicabut hingga penginstalan selesai.

Peinginstalan laptop itu butuh ketika yg relatif usang. Jadi sebaiknya laptop tetap terisi daya supaya jangan lowbat waktu proses penginstalan.

Kalau yang mau diinstal adalah komputer desktop atau PC, sebaiknya pakai jua UPS. Tapi bila ada lo ya, jikalau tidak terdapat ya tidak perkara yg penting kalau proses penginstalan belum terselesaikan dan listrik meninggal, silahkan ulangi lagi penginstalannya bila sistemnya jadi eror.


3. Backup Data Dan Driver

Hal yg wajibAnda lakukan lagi merupakan membackup atau menyelamatkan data-data di  laptop atau personal komputeryang akan diinstal. Itu jika laptop atau personal komputertersebut sudah ada datanya. Jangan sampai ada data pada Drive C kemudian Anda langsung menginstalnya sehingga dapat menyebabkan data tadi bisa hilang.

Perlu sobat ketahui, apabila sebelumnya sistem komputer atau laptopnya diinstal pada Drive C, maka bila Anda instal balikdi Drive tadi dan diformat, maka data-data yang Anda simpan (contohnya pada My Documents, My Music, dll) dan lainnya yg tersimpan di Drive C akan hilang.

Makanya ni, copy data-data tersebut ke drive D, atau E, atau ke hard disk eksternal supaya lebih kondusif.

Selain data, Driver personal komputeratau laptopnya juga wajibdibackup bila driver aslinya (yg pada dalam DVD) telah hilang. Sebab pengalaman, saya tak jarang menginstal komputer atau laptop. Setelah penginstalan sistem selesai, ternyata saat akan diinstal drivernya gw kesulitan mencarinya di internet. Kalau pun terdapat, kadang nir cocok dengan laptop atau personal komputeryang aku instal.

Jadi, sedia payung sebelum hujan adalah hal yang perlu Anda lakukan..

Untuk membackup driver, banyak sekali pelaksanaan yang mampu Anda gunakan. Seperti:  Driver Genius, Double Driver, dll.


4. Pengaturan Bios/Uefi Boot

Selanjutnya masuk dalam pengaturan BIOS. Bios adalah Basic Input Output System. Jadi ini semacam perangkat lunak yg sudah ditanam paten pada setiap laptop, yang digunakan buat banyak hal seperti: mengatur booting, menonaktifkan & mengaktifkan Lan card, mengatur jam & lepas pada komputer atau laptop, & lain-lain.

Kebanyakan laptop terbaru nir menggunakan bios, akan tetapi istilahnya UEFI Boot. Tapi dalam dasarnya hampir sama saja.

Nah, sebelum menginstal laptop, maka kita perlu mengatur biosnya/ UEFI Bootnya terlebih dahulu pada waktu booting. Jadi kita akan mengatur bootingnya agar saat personal komputerdihidupkan kita dapat memilih alat apa yg pertama kali dibaca sang personal komputeratau pun laptop.

Contohnya kalau Anda ingin menginstal komputer atau laptop memakai DVD Drive internal dalam sebuah laptop. Maka, booting pertama atau firs boot yang harus Anda pilih adalah Internal DVD Boot. Jika Anda ingin menginstall sistem menggunakan flash disk, maka Anda harus menentukan first bootnya yg external boot.

Untuk masuk bios, setiap latpop atau komputer caranya berbeda-beda. Yang jelas ketika personal komputeratau laptop dimatikan & dinyalakan balik , maka pada waktu booting kita wajibmenekan-nekan terus tombol-tombol terntentu pada sebuah laptop. Ada yang menggunakan tombol F2, ada yg F12, F10, DEL, & masih poly lagi lainnya. Itu tergantung merek & tipe dari sebuah personal komputeratau laptop itu sendiri. Jadi pada sini gw nir sebutkan & jelaskan secara spesifik cara buat laptop menggunakan merek & tipe-tipe tertentu.

Intinya Anda wajibmasuk bios dulu, dan mengatur biosnya agar sistem yang terdapat pada dalam keping CD/DVD, dan media lainnya bisa terbaca terlebih dahulu. Ini agar penginstalan sanggup berjalan.


5. Instal system Operasi Ke Komputer/Laptop

Pada termin ini, silahkan masukkan CD/DVD siostem operasi yg akan digunakan untuk menginstal. Kalau sistemnya diisi pada flash disk atau atau hard disk eksternal, ya silahkan colok terlebih dahulu alat-indera yang Anda gunakan tadi ke laptop atau komputernya.

Setelah itu restart laptop atu komputer Anda agar laptop Anda membooting/membaca DVD sistemnya, supaya proses penginstalan sistem sanggup dimulai.

Khusus buat sistem operasi Windows (windows XP, Windows 7, Vista , Windows 8 Dan Windows 10) Biasanya sesudah laptop direstart akan terdapat tulisan "Pres any key to Continue". Kalau timbul, silahkan tekan sembarang tombol pada keyboard Anda, buat memulai prosesnya.

Mohon maaf, pada tahap ini aku tidak akan menjelaskan terlalu poly. Karena akan panjang sekali. Berhubung gw belum sempat mengembangkan tutorialnya untuk Anda, jadi cari dulu di google ya sobat.. :)


6. Install Antivirus dan Scan Data Anda

Setelah penginstalan sistem operasi terselesaikan, khusus personal komputeratau laptop yg terdapat datanya sebelumnya, jangan dulu mengerjakan hal-hal yang lainnya. Apa lagi sampai membuka-buka data di Drive D, atau E (yang bukan Drive sistemnya)

Sebab bila Anda membuka-buka data pada Drive tadi, dikhawatirkan pada dalamnya ada virusnya sehingga mampu membuat virus eksklusif menyebar ke sistem C lagi.

Makanya, pada tahap keenam ini silahkan instal antivirus terlebih dahulu, lalu silahkan di-update dengan file  update terbarunya, agar antivirus dapat membasmi virus-virus modern.

Kemudian Scan Data di Drive D & E, menggunakna antivirus tadi hingga terselesaikan. Kalau ketemu virusnya, silahkan dihapus.

Scan jua data yg dipindahkan ke hard disk eksternal atau flash disk.

Sebagai tambahan fakta, silahkan baca:

Tahap ke-7, silahkan instal driver yg kompatibel atau yang sinkron ke komputer atau laptop Anda.

Tanpa menginstal driver, maka beberapa hardware laptop dan komputer Anda nir dapat bekerja aporisma, atau bahkan nir dapat berfungsi sama sekali.

Misalnya: Sound tidak berbunyi, wifi tidak berfungsi, tampilan layar kurang pas resolusinya, dll.

Sekarang silahkan instal driver yang sudah Anda siapkan, baik driver aslinya, driver yang Anda download pada internet, atau mungkin driver yg sebelumnya telah Anda backup.

Catatan: Instal driver wajibtotal, agar kinerja laptop menjadi aporisma. Driver yang paling penting merupakan: VGA, CHIPSET, INTEL MANAGEMENT ENGINE (jika terdapat), SOUND, LAN CARD, WIFI CARD, CAMERA, CARD READER, BLUETOOTH (jika menggunakan). Driver yang saya sebutkan wajibterinstal semuanya dengan baik.

8. Penginstalan Software Aplikasi

Nah, kinimasuk ke termin kedelapan, yaitu penginstalan perangkat lunak pelaksanaan.

Kenapa perlu menginstal pelaksanaan?

Karena menggunakan adanya software aplikasi, maka komputer atau laptop Anda akan mampu dioperasikan lebih maksimallagi. Jadi tidak hanya dihidupkan, lalu dimatikan, atau cuma dipakai buat membuka-buka pelaksanaan sederhana bawaan sistemnya saja. Kalau sistem MAC OS sih sudah poly aplikasi-pelaksanaan yg keren sebagai bawaanya. Tapi bila windows masih terbatas. Makanya sangat perlu buat diinstal pelaksanaan yg lebih majemuk fungsinya.